Saporanah Gusteh

Alhamdulillah,

Tak asokkor, tak ketelak cukuppah abek, sobung saderreh abek kalaben oreng se korang, se etegguh ning oreng se cokop, oreng sogih, oreng se andik kalebbien, duh saporanah gusteh Alloh.

Alhamdulillah abek sehat, engak e bektoh setiah bedeh oreng se sake’, alhamdulillah abek andik sokoh bisah ajelen sae, bennya’ oreng se terro sarah andik sokoh, terrong sarah bisah ajelen sae. Alhamdulilah paggun andik sepeda maseh la sepeda konah, bennyak oreng se aderek ka mahdekmah.

Mogih-mogih abek Istiqomah e jelen se loros. Saporanah gusteh Alloh.

BIARKAN WAJAHNYA TEDUH TAK BERALIS PENSIL

 

Semakin bertambahnya usia membuat kita semakin sadar kekurangan diri, semakin mawas diri, semakin bersahaja, semakin memahami apa sebenar-benarnya hal hakiki yang kita cari selama ini. Tentu dengan dasar keilmuan, pengetahuan keagamaan, pengalaman hidup serta cambukan peristiwa yang tidak menyenangkan semakin membakukan hal tersebut.

 

Suatu malam saya masih sibuk dengan hobby dan juga mengisi waktu diteras rumah, kisaran waktu pukul 21.30 terus berjalan tidak terasa dan terlupa saya acuhkan keadaan perut yang kosong. Sampai ada bunyi penjual siomay keliling dengan sepeda kayuhnya lewat sehingga menyadarkan diri akan kosongnya perut yang belum terisi. Sayapun pesan seporsi dagangannya, dengan semangat beliau melayani pesanan saya hingga hidangan siap disajikan ke saya, tidak menunggu lama untuk memulai suapan pertama irisan pare pahit sebagai pembuka.

 

Guna mencairkan suasana di malam yang mulai sepi tersebut saya mulai membuka pembicaraan dengan posisi bapak penjual somay yang sibuk membenarkan posisi berdiri sepedanya. “Bapak sudah lama jualan siomay pak?”, “sejak 1992 pak” sahutnya singkat. Tertegun sih dengan jawaban beliau, demikian lamanya berjualan sekira 24 tahun konsisten di sektor per-siomay-an. “Bosnya orang mana pak” tanyaku lugu, “Sudah bikin sendiri pak kalau sekarang, soalnya dapet untungnya dikit dan semakin tidak mencukupi kalau ikut juragan lagi” demikian penjelasannya. “Bapak asli mana? merantau sendiri pak disini” cecarku dan diapun langsung menyahut “Saya asli Rengasdengklok pak, abis Cikarang lah posisinya. Dikampung saya pak rumahnya dan disini sendiri, anak dan istri saya dikampung mengurus sawah. Saya juga sering balik, paling tidak sebulan 2 kali balik ke kampung. Apalagi kalau musim panen atau musim tanam saya dikampung untuk bertani”.

 

“Trus anak bapak kok gk bantu disini atau kerja disini”, lanjut saya bertanya sambil trus menikmati potongan-potongan siomay karya bapak tersebut. “Anak saya masih sekolah di MAN pak cuman satu perempuan, Alhamdulillah berhijab dengan kesadaran sendiri dan ini baru mau ujian nasional. Entah kenapa dia lanjut sesi curhat “Saya sangat sayang sama dia makanya saya larang ke sini, takut ada apa-apa mendingan di kampung dan jadi orang kampung saja. Bapak tau lah gimana pergaulan disini…” ucapannya menggantung seakan ada rasa berat, rindu dan takut dari sosok seorang ayah.

 

Saya dalam hati mengamini ucapan beliau dengan kesimpulan pribadi…

“Biarkanlah bapak, dia jadi anak kampung, punya rasa malu akan umbar fisiknya, sederhana, berilmu dan beragama dengan benar, paham adat istiadat dan norma masyarakat, tidak berhuru-hara dengan kemajuan jaman yang sesat. Biarkanlah dia berhijab, biarkan sosok keperempuannya tetap terlindung, tanpa ada warna rambut menghias kepalanya yang tidak tertutupi, biarkan wajahnya tetap teduh tanpa hiasan menipu beraliskan pensil, biarkan kelak dia jadi ibu sebaik-baiknya…”

Touring Sawarna Bareng Temans

Halo Bung dan nona sekalian.

Touring pertama sebelum release hobby ini kedepannya sesuai artikel gw sebelumnya. Perjalanan gw kali ini bareng temen-temen KMHGL (Komunitas Honda GL 100/125) Chapter JABODETABEK. Oh iya, sekilas KMHGL dulu nih… Dalam komunitas ini gw lumayan aktif ngikut terutama di acara2 wilayah Jabodetak, komunitas ini terbentuk dari kesamaan hobby dan keinginan. Eniwe komunitas ini sudah melaksanakan kopi darat nasional secara official 2 kali, pertama di Telaga Sarangan, Magetan dan yang kedua di Banyumas tepatnya di Baturraden. Pas Kopdarnas I gw gak bisa ngikut nah yang kedua baru bisa join, rencana Kopdarnas ke III diadain di daerah semarang tepatnya di Bandungan. Komunitas ini sebenernya menurut gw dikhususkan buat pengguna GL 100/125 baik lansiran pertama kisaran tahun 70an sampe kluaran terakhir lansiran 90an, tetapi tidak menutup diri bagi pengguna kendaraan type lain.

Skip, balik ke urusan touring ke Sawarna. Touring direncanakan gk mateng2 banget hehe, gw jalan sendirian dari Jakarta Selatan dan ketemuan bareng beberapa temen di daerah Bogor. Sampe Bogor kisaran jam 18.30 dan kekumpul 4 orang (4 motor) lanjut maem doloo, dan kisaran jam 20.00 kita berangkat. Asli gw gk ngarti bener arah Sawarna sooo ngikut aja dan berubung motor gw paling muda yaitu naek Suzuki Skywave jadi paling belakang jalannya buat nyisir rombongan (yaelah rombongan) kali ada yang trouble.

Kyk gini rute yg gw pake dari Bogor ke Sawarna

Screen Shot 2016-07-20 at 5.55.09 PM

Jalan awal nyisir bogor, lanjut arah sukabumi motong lewat Cigombong, trus aja nyusurin jalur arah Sukabumi dan istirahat di Pom bensin sekitar Cibadak – Parungkuda gak inget pasti posisinya haha. Abis lempengin pinggang dan udah enakan lanjutttt jalan kisaran jam 10 apa 11 malem ituh, mlipir di pinggiran jalan sepi bener banyak pohon kelapa sawit tengah malem. Peduli setan gk mikirin deh penting jalan sepi dan lumayan mulus hajar trus hehe, cuman beneran itu jalan tengah malem sepi abis nyaris udah kyk di setting game silent hill. Jalanan gak mulus trus tapi banyakan emang mulus sampe mo nyampe Pelabuhan ratu baru deh tuh jalan offroad rusak, becek, gelap, dingin cuman yaaa itu seninya (ngeles padahal pengen balik haha).

Daaaann tibalah sayah di pelabuhan ratu setelah naik turun bukit dengan kondisi offroad tadi, daaan lagi penyakit para peturingpun tiba yaituuuu… NGANTUK. Asli ngantuk bener pas itu dan sialnya rombongan laen gk mau brenti, bener2 deh kesiksa kl udah gitu. Berubung gk ngerti medan dan ngantuk menyerang udah aja bejek gas abissss alias ngebut biar adrenaline naek dan bikin konsentrasi naek hehe sampe bablas pas aturan belok arah pantainya.

Masuk utan lagi kita kawaans, dengan mata yg masih ngajakin merem mulu gw tahan2in aja daripada ketinggalan rombongan ditengah utan haha. Nyampe akhirnya ke pinggiran kali deket jembatan menuju pantai yang terkenal banyak yang fotoin, berubung udah males jalan lagi udah aja kita tepar rebahan dibarengin nyamuk hutan segede laler di bale-bale warung makan mi instan dengan rasa mecinnya yang khas huaahaha. Udah beres makan lanjut dong kita, lanjut molor sampe subuh dan touring ratusan meter arah pantai dengan hasil gw males maen aer kemudian hal yg gw pengen banget selama ini gw lakuin… yaitu molor lagi di bale2 warung pinggir pantai dibarengin suara ombak dan angin pantai yang sepet2 agak kering 😂.

 

Sekian catatan touring jalan ngaco saya 😅

Berhenti menikmati perjalanan… Bismillah

Salam bung  dan nona-nona sekalian…

Berat, sangat berat meninggalkan semua yang dan sangat gw suka. Touring atau entah apapun istilahnya, menikmati perjalanan mengendarai motor dengan berjalan pelan sembari bertemu orang baru, lingkungan baru, budaya baru dan keindahan alam yang gak ada berentinya manjain saraf mata. Yak tahun ini sepertinya tahun terakhir buat berjalan jauh make motor.

“there should be no more risky actions” someone said…, Bismillah…

Cuman konsekuensi kesenangan bermotor teralihkan ke bagian lainnya, bukan touring sekarang yang jadi prioritas namun sepertinya “penyakit” lama merestorasi motor taun jebot bakal ditekuni lagi. Berat abis kalo dibilang suruh gak maen motor.

triumph copy.jpg

 

Testimoni pake Zeneos ZN88 di Suzuki Skywave

4960398_8e8a9cef-a2c6-42dc-947d-826cead0fcd8

 

Halo Bung dan Nona-nona, selamat pagi. Di artikel kali ini gw coba sharing testimoni pemakaian ban yang dipake motor harian mondar-mandir disekitaran Jakarta yaitu Suzuki Skywave. Skywave seperti kita tahu punya lingkar roda agak unik yaitu 16″ nah udah aja yang punya ini motor lumayan mikir pas nyari ban, oke lanjut… Hunting-hunting ban 16 inch akhirnya dapet ban Zeneos ZN 88 tubeless type di salah satu toko online setelah baca review dari rekan-rekan pemakai skywave, Suzuki Hayate ataupun Yamaha Nouvo yang sama-sama rodanya 16 inch. Begitu barang ditangan gw langsung ganti tuh ban depan ama belakang, pertama kali ganti diisi angin biasa dengan bentuk pas terpasang menurut gw “ngedonat” kurang sip dari sisi tampilan.

 

Impresi yang gw rasa pertama yaitu motor tambah tinggi, rebahan mereng-mereng nempel saik bais, kemampuan kompon ban yang gw rasa oke baik pas jalanan kering atau basah. Fyi gw sebelumnya make swallow tubeless, sebelumnya lagi corsa tubeless dan diawal pemakaian ban oem skywave yaitu IRC tubetype. Setelah jeda sekitar 1 bulan isi angin gw ganti nitrogen+cairan anti bocor, mengingat nih ban gak umum dan kalau sampe bocor gak nemu tukang tambel ban bisa ribet. Setelah pemakaian nitrogen ban gw rasa lebih bisa nahan kejutan dan berasa lebih enteng dibanding pas diisi angin.

 

Oh iya, harga yang gw dapet buat ban depan 185.000 dan ban belakang 225.000, cuman kebetulan pas banget dapat diskon jadi yaaaaa lumayan lah dibawah pasaran jatuhnya.

 

Touring Akhir Tahun 2015

Halo Bung dan Nona-nona sekalian,

Dalam artikel kali ini mau cerita soal perjalanan single touring ke Pacitan Jawa Timur make Inazuma 250 (seterusnya gw sebut “njum”). Kebetulan pas liburan akhir tahun bersama istri akhirnya mutusin buat jalan lagi, rencana awal ke arah Sumatera tapi berhubung waktu kerja istri yang kurang fleksibel akhirnya nyari yang “deketan” dan dipilihlah Pacitan.

Ok si njum disiapkan, perjalanan dimulai hari Kamis 24 Desember 2015 dinihari jam 3 pagi dari daerah Bintaro lanjut menelusuri ruas Jalan kebayoran lama arah karet tanah abang, lanjut kasablanka arah kebon kopi sampe Bekasi. Syukur Alhamdulillah jalan lancar jaya, sampe Bekasi betot gas trus ke Cikampek-Karawang sampe ketemu pertigaan Lohbener gw gak ambil jalur Pantura umumnya tapi lewat arah kota Indramayu. Sebelum masuk kota Indramayu belok kanan lewat kilang minyak Balongan, gw lewat jalur ini soalnya jalurnya sepi abis dan enak bin mantab buat betot gas nyampe limit dengan kondisi jalan yang lumayan oke diselingi jebmen dikit-dikit :D. Lepas Balongan arah Karang ampel hajar nyampe Cirebon dan lancar jaya, tembus Brebes dikisaran jam 8 pagi, nah sampe Brebes ini sempet ragu mo lanjut Pantura ato motong Pejagan tembus arah Bumiayu. Akhirnya lanjut aja Jalur Pantura dengan sedikit ragu hehe, ternyata nyampe Tegal macet abis dan terpaksalah lewat Slawi arah purwokerto alias lewat jalur selatan.

Sampe di Slawi istirahat sebentar nyambi makan makanan khas daerah Slawi yaitu warteg haha, cuman ya ini ori Tegal dan ketemu bapak-bapak polisi yang sama-sama maem siang. Selesai maksi lanjut arah Purwokerto daaaannnn sampe di Bumiayu dengan jalannya yang macetnya gk ketulungan motor gw overheat huaaa, berenti sebentar begitu ademan jalan lagi dan ternyata lampu indikator panas mesin nyala lagi, panikpun dimulai. Berubung baru jalan dan gw nekat jalan sambil ngurangin betot mesin biar gk kepanasan lagi njum. Sampe di Wangon istirahat lagi cuman bukan orangnya yang kecapekan tapi motornya :D. Lanjut jalan lagi sampe ketemu perempatan Wangon belok kiri deh arah Kebumen, selama dijalan arah Kebumen banyak tuh berderet penjual es dawet hitam di pinggir sawah dengan view pegunungan yang luaaaaaarrr biasa manyus dan alhasil gw minum es dawet hitam ori sambil tiduran di bale-bale selama 2 jam haha dengan hasil bini cembetut karena gw tidur kelamaan.

Pinggir bale-bale penjual dawet item

IMG-20160103-WA0036.jpg

Lanjut jalan, sebelum masuk Kota Kebumennya muncul jiwa iseng ngadventure gak jelas dan mutusin lewat jalur Daendels melalui daerah yang namanya Petanahan (tetep dengan sering munculnya indikator panas mesin nyala.

Dan masuklah gw di jalur selatan yang bagian selatan alias jalur Daendels ini dan jalurnya wuiiiiiiiihhh rusak haha, lagi perbaikan sih tepatnya. Sisi kiri kanan diperlebar, permukaan di kerok dan aspal ulang jalu alias saluran air diperbaiki. Sampe masuk daerah Purworejo istirahat sambil nunggu Maghrib kita makan lagi sambil ngobrol-ngobrol sama bapak-bapak pemancing. Intermezzo dikit, mereka rupanya macing Sidat sejenis belut gitu deh. Kelar maghrib lanjut jalan arah Yogya bagian selatan dengan jalan yang sangaaaaaaatttttt mulus dengan tujuan Wonosari. Eh pesen gw nih buat yang mo lewat daendels ya, siapin duit dan Bensin soalnya ATM gak nemu dan pom bensin abstain, kalo bensin eceran sih ada.

Dan perjalanan hari itu ditutup sekitar jam 8 malem sampai rumah saudara di Wonosari.

Besoknya gw ngecek kondisi njum sekalian nyuci, setelah dirasa masih cukup aman buat lanjut perjalanan gw lanjut otw Pacitan. Jalur dari Wonosari menuju pacitan lewat jalur selatan bukan lewat Wonogiri jadi ya nyobain jalanan nan mulus dihiasi tepian pegunungan kapur eksotis dan juga pepohonan dan hutan jati yang hijau karena memasuki musim hujan menjadikan perjalanan menyenangkan. Jalur yg gw lewati termasuk jalur alternatif namun kondisi jalan cukup bagus hanya dibeberapa titik yang agak rusak cuman menurut gw masih sangat bisa tolerir.

Jalur Wonosari Pacitan

IMG-20160103-WA0046.jpg

 

Sampai juga ditujuan pertama yaitu pantai Banyu Tibo yang mana menurut info sudah masuk wilayah Pacitan.

Pantai Banyu Tibo

IMG-20160103-WA0002 1.jpg

IMG-20160103-WA0017 1.jpg

IMG-20160103-WA0054.jpg

IMG-20160103-WA0049.jpg

Setelah selesai nyenengin mata di tujuan pertama, lanjut arah pantai Klayar yang jaraknya gak jauh-jauh amat dari pantai Banyu Tibo. Cuman sayangnya pas gw kesana lagi musim liburan jadi ya gitu… rameeee abis, udah gitu kondisi laut sedang pasang jadi gak bisa maen air, bahaya…. Jadinya kurang bisa nikmatin.

Pantai Klayar

IMG-20160103-WA0001 1.jpg

IMG-20160103-WA0033 1.jpg

Selesai perjalanan di Pacitan sekitar jam 5 sore gw langsung balik Wonosari.

Keesokan harinya cabut balik dari Wonosari sekitar jam 9 pagi, mampir dulu ke Yogyakarta buat cek kondisi mesin yang bermasalah di indikator panas mesin. Sesampainya di dealer Suzuki Ambarukmo langsung cek ricek sama kepala mekanik dan ternyata thermostat rusak huhuhuuu, dan diwajibkan copot sama beliau. Selesai proses copot thermostat lanjut jalan nyari buah tangan khas yogya yang macet abis waktu itu. Selesai ribet urusan buah tangan langsung cuzz balik arah Jakarta lewat jalan parangtritis tembus jalur Daendels lagi. Perjalanan mirip sama pas berangkat cuman sekarang gak lewat Tegal, gw motong jalan alternatif Cirebon dari arah Bumiayu-Pejagan tembus ke Brebes. Jalan pas balik lumayan lancar dibanding pas berangkat jadi tinggal kuat-kuatan badan+mata aja, cuman gw tepar juga pas didaerah Cirebon arah Indramayu.

Sampe rumah sekitar jam 9 pagi dengan kondisi sehat walafiat, bener2 perjalanan yang gak ternilai karena jalur selatan ternyata kereeeeennnn dan gak bikin kapok. Berikut jalur pergi pulang gw pas single touring kemaren.

Pas Berangkat

Arah berangkat.png

Pas Balik

Arah Pulang.png

Sekian

 

Semoga gw gak adigang, adigung, adiguna, kemrungsung,… Amin

Hi bung, ngomongin soal kebiasaan jelek gw dikit yah. Lanjuuut… pas kita punya “kelebihan”  baik dari sisi materi, fisik, status, kecerdasan atau apapun itu wujudnya, jangan terlena karena buat gw itu adalah cobaan. Gw selalu berharap BISA ngelewatin “cobaan” tadi (kalau nantinya dianugerahi) tanpa ada adigang, adigung, adiguna, dan ora kemrungsung. Pernah dan sering kejadian ama gw sendiri dan emang susah banget ngejinakin sifat manusia yang namanya “nafsu”, contoh sederhananya gini; pas dijalanan nahan jalan tetep pelan sesuai aturan itu susyahnya ampun2an, apalagi jalan ama kendaraan kita ngedukung udah aja jebol juga nahan buat jalan pelan. Belom lagi kl kita punya materi, kemampuan fisik, kelebihan kecerdasan dan ujung-ujungnya rasa pengen show off itu jadi banget-banget membludak yang berujung riya’,semoga gw terhindar.

Karena blog ini agak-agak mengkhususkan ke sisi motor, gw punya sedikit cara buat ngatasin dan menghindari hal-hal itu dengan cara antara lain: make kendaraan berwarna kalem walaupun dari sisi performance yahud jadinya tidak terlalu mencolok perhatian, sebisa mungkin dijalanan nahan diri dari ngebut :D, banyakin naik motor jadul yg sekiranya begal aja ogah buat ngambil… jadi lu teteup inget gimana rasanya jadi orang gak punya, banyakin maen di warung nasi kucing :p maen di daerah pelosok dan kurangin nongkrong di mall.

foto punya:  John W Banagan @gettyimages.com

foto punya: John W Banagan @gettyimages.com

Akhir kata, semoga gw gak adigang, adigung, adiguna, kemrungsung.