KOPDARNAS KMHGL VI 2019 MALANG

Hai bung, salam.

Di artikel kali ini saya mau berbagi cerita tentang lebaran-nya para antusias dan loyalis GL 100/125 se Nusantara, KOPDARNAS KMHGL 100/125. Sedikit flashback, Kopdarnas sendiri di inisiasi awalnya di tahun 2014 sewaktu saudara-saudara dari daerah JABODETABEK kita mahfum menyebut chapter JABODETABEK yang niat awalnya touring dari wilayah Jakarta ke Ngawi. Dan ternyata gayung bersambut diamini oleh saudara² dari Semarang dan berlanjut saudara² dari wilayah Solo dan Yogya turut menjadi panitia yang selanjutnya diikuti saudara dari Malang, Surabaya, Madiun, Yogyakarta dan lainnya juga turut hadir dan akhirnya bertemu di Sarangan dan menjadi cikal bakal KOPDARNAS yang rutin diadakan ditiap tahun berikutnya. Selanjutnya berturut dari KOPDARNAS ke-2 di Baturraden Banyumas dengan penyelenggara yaitu dari Chapter Purwokerto, ke-3 di Bandungan Semarang dengan penyelenggara yaitu dari Chapter Semarang dan sekitarnya, ke-4 di Glagah, Kulon Progo Yogyakarta dengan penyelenggara yaitu dari JOGLO, ke-5 di Sarangan Magetan dengan penyelenggara yaitu dari Chapter AE.

gl100 3 - edit OK_Copy.jpg

FB_IMG_1566008793535.jpg

KOPDARNAS I di SARANGAN

DSC_9941

KOPDARNAS ke II di BATURRADEN

Dan untuk tahun 2019 ini, chapter Malang diberi amanah sebagai penyelenggara KOPDARNAS KMHGL VI, tepatnya di Pantai Regent, kawasan Balekambang, Malang pada tanggal 7-8 September 2019 dengan tema “UMAK AYAS ARADOS” yang diambil dari bahasa Malangan yang artinya “kamu saya saudara”.

Untuk KOPDARNAS KMHGL sendiri dilaksanakan atas dasar kebersamaan, dengan inti acara adalah SARASEHAN dimana para tamu dan tuan rumah, saling bertemu, ngobrol, berbagi, bercerita, berkeluh kesah, mencari solusi, dan tentunya saling mengenal karena sebutan KOPDAR di acara KOPDARNAS adalah kepanjangan dari Kopi Darat. Kopi darat sendiri merupakan acara atau momen bertemunya orang-orang sekomunitas atau kelompok yang sudah saling mengenal lewat radio, media sosial, group chat dan lainnya dengan tujuan lebih mengenal dan bertatap muka.

Khusus untuk KOPDARNAS KMHGL ditiap waktu penyelenggaraannya penggalangan dana didapat dari registrasi para tamu yang datang serta penjualan merchandise, dan diadakannya selama 2 hari dan tentunya disiapkan tempat menginap dan konsumsi. Jadi sebenarnya uang registrasi diwujudkan untuk pembiayaan acara, konsumsi peserta, akomodasi, hiburan dan akses masuk lokasi yang umumnya merupakan lokasi wisata.

IMG_20190707_170816

Pantai Regent

IMG_20190707_171136

Kondang buntung

denah 2.jpg

Denah Lokasi

Untuk KOPDARNAS KMHGL VI sendiri pelaksanaannya dipilih berlokasi di pantai sebagai alternatif lokasi karena sering kali sebelumnya berlokasi di dataran tinggi dan juga tentu membantu memperkenalkan obyek wisata pantai di kawasan Malang. Dalam acara nanti berbagai acara akan diadakan antara lain, kontes motor, hiburan, foto sesi, api unggun, fun games, pit stop, bermotor di pantai, dan acara intinya sarasehan. Sedangkan untuk registrasi dikenakan biaya Rp80.000 dan merchandise berupa kaos, stiker dan gantungan kunci senilai Rp95.000. Untuk peserta terregistrasi ada kesempatan pula mendapatkan 1 unit motor honda GL 100 selain banyak pula doorprize lainnya.

Ukuran kaos.jpg

Pantai regent berlokasi di kawasan obyek wisata Balekambang dan akses masuk jadi satu dengan obyek wisata lain dikawasan balekambang, jadi untuk tamu yang ikut serta di KOPDARNAS KMHGL VI ini dapat bonus yaitu juga bisa ngunjungi kawasan Balekambang lainnya. Pantai regent memiliki kawasan yang luas dengan area pantai perpaduan dataran pasir dan kawasan teduh dengan berbagai pohonnya, sedangkan view laut yang instagramable berpasir putih bisa dijadikan obyek swafoto dipadu perbukitan disekitarannya. selain itu dalam kawasannya terdapat semacam danau dengan sebutan Kondang Buntung yang berair payau/tawar yang bisa dipakai untuk renang juga. Untuk akses jalan menuju pantai Regent dari Malang kota sudah baik hanya dibeberapa titik berupa tanjakan dan sempit. Apabila kebingungan arah lokasinya bisa bertanya dengan penduduk sekitar lokasi pantai Balekambang, karena satu lokasi.

Sedikit membahas ikon kopdarnas di malang ini, yaitu sosok perwakilan dari topeng Malangan bernama Bapang Jayasentika, atau lebih dikenal dengan nama Bapang. Menurut beberapa literatur, tokoh yang lahir di kadipaten Banjarpatoman ini memang sedikit unik, wataknya bisa dibilang ganjil, warna merah yang mewakili kelompok kelana tidak seperti Prabu Kelana Sewandanna ataupun Kelana Sabrang yang terlihat bengis dan kejam, bapang walaupun dikategorikan sebagai tokoh protagonis nan sangar namun masih memiliki sisi humanis, ceria serta keanggunan.

Kembali ke bahasan teknis acara, untuk informasi dan kontak acara KOPDARNAS KMHGL di Malang ini saya rincikan dengan link whatsapp sebagai berikut:

Informasi umum dengan sam Naufal serta Informasi umum dengan sam Fadil.

Sedangkan untuk Informasi registrasi dengan sam Achmad, Informasi pemesanan kaos dengan sam Munir, Informasi kontes dengan sam Andre, dan Informasi lapak dengan sam Jambu.

Secara umum, saudara-saudara yang datang terregistrasi diharapkan menggunakan kendaraan GL 100/125 karena ini merupakan acara KOPDARNAS KMHGL, lalu bagaimana dengan saudara yang ingin datang tapi belum mempunyai motor Honda GL 100/125? Panitia menyambut setiap niat baik dengan tangan terbuka, silahkan datang dengan catatan wajib membayar registrasi dan mematuhi aturan selama acara berlangsung.

Selama 2 hari acara akan ada spot-spot dan kegiatan yang dilaksanakan seperti, bermotor di pantai, booth-booth lapak, pitstop untuk membantu apabila ada permasalah kendaraan, sarasehan tentunya, tenda-tenda menginap, sarana ibadah, api unggun, hiburan musik, fun games, kontes motor, awarding dan doorprize dan tentunya menikmati pantai secara bebas bertanggung jawab karena pada acara ini panitia menjadikan pantai Regent private area khusus acara KOPDARNAS.

Demikian kurang lebih informasi acara KOPDARNAS KMHGL VI di Malang, enjoy dan sampai jumpa di pantai Regent.

Salam

2 thoughts on “KOPDARNAS KMHGL VI 2019 MALANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s