Touring Motor ke Cukul Sunrise Point dengan GL 100

Assalamualaikum, hi Bung,

Single touring kali ini dengan niatan silaturahmi ke temen-temen di Bandung sekalian ke spot liat matahari terbit yang setaun belakangan happening, Cukul Sunrise Point atau disebut juga Puncak Giri. Starting point dari Kemang, Jakarta Selatan Jumat malem sekelarnya kerjaan kantor di jam 10.00 malem betot gas Jaran Ireng (sebutan GL 100 CDI saya :D) dengan santai menyusuri rute Kemang, Pasar Minggu, Margonda Depok lanjut kiri jalan baru tembur jalan raya Bogor ke kanan arah Cibinong tembus perempatan sebelum Jambu Dua Bogor. Sempat berenti buat isi bensin dan cek-cek ulang rante dan lainnya di daerah Tanjung Barat buat bekel jalan biar gak berhenti-berhenti lagi.

Kisaran jam 11.30 malem udah masuk Bogor dengan kondisi sepanjang jalan gak semacet pas wiken, Alhamdulillah. Dari Bogor hajar throttle arah puncak dengan tikungan-tikungan yang ‘maksa’ saya full cornering sepanjang jalur arah puncak dengan jaran ireng lansiran 1989 yang kebetulannya seperti saya bilang tadi, jalanannya gak macet dan gak hujan #menyenangkan. Kisaran jam 12.00 tengah malem  udah diposisi sebelum puncak pas dekat spot foto-foto di kebon teh yang ada gapura perbatasan, istirahatin badan dan sekalian ngedingin mesin sekitar 5 menit dengan kondisi daerah puncak yang dinginnya ‘PAS’.

IMG_20190309_001554 edit.jpg

Puncak jam 12 malam

Setelah dirasa cukup istirahatnya, lanjut jalan arah Bandung. Jalurnya lewat jalur mainstream yaitu Puncak, Cipanas, Cianjur, Cipatat, Citatah dengan bukit2 kapurnya, Padalarang, Cimahi. Sampai Cimahi kisaran jam 02.00 istirahat sebentar di pom Bensin Cisangkan sekalian kontak teman yang rencana juga mau bareng ke Cukul, setelah istirahat ngopi dan ngobrol-ngobrol jam 03.30 lanjut jalan arah bandung kota menemui teman lain di Katapang dan Banjaran yang ternyata juga mau ke Cukul barengan. Pas Adzan Subuh nunggu teman di pertigaan Banjaran pasnya di pom Bensin sekalian Subuhan.

Selepas dari pom Banjaran dan beres urusan semua lanjut gas ke Cukul via jalan raya Pangalengan dengan jalur, Cimaung, bunderan Pangalengan ke kanan, Setu Cileunca lanjut arah Cukul Sunrise Point. Karena jalur cuman itu-itu aja jadi sebenernya gak susah ke arah tujuan, paling pas di pertigaan bunderan Pangalengan yang kita ambil jalur kanan arah Situ Cileunca-Cukul. Setelah perjalanan gak sampai 2 jam dari Bandung ke Cukul kita sudah bisa sampai di Sunrise Point.

Oh iya, selama perjalanan berangkat sebenarnya gak kena hujan cuman karena kondisi jalanan yang lembab dan dingin jadi basah, dan sempet beberapa kali ngegeol di tikungan bahkan salah satu teman jatuh terpeleset jalanan yang licin tadi, so… hati-hati Bung.

Setelah sampai di Cukul Sunrise Point akses masuknya ada di samping danau berbunga teratai indah depan villa kuno yang katanya villa peninggalan Jerman. Untuk biaya masuk dikenakan parkir permotor Rp3.000/motor dan masuk ke titik lihat matahari terbit Rp10.000/orang.

IMG_20190309_081912 edit.jpg

Villa Jerman dengan danau didepannya

Sepanjang perjalanan selepas situ Cileunca kita disuguhi pemandangan indah hamparan perkebunan teh dan jalan full cornering dan kondisi yang bisa dibilang bagus, setelah masuk dari depan vila Jerman ke parkiran jaraknya kurang lebih 200 meter dengan kondisi jalan masih berbatu jadi jalan pelan-pelan saja. Setelah sampai diparkiran usahakan kondisi motor di kunci ganda buat jaga-jaga walaupun kondisi parkiran ada penjaga karena posisi Cukul Sunrise Point masih naik sekitar +/-50 meter. Setelah membayar tiket masuk kita naik sedikit beberapa anak tangga menuju titik lihat Sunrise  dengan fasilitas yang lumayan lengkap termasuk warung kopi dan kita bisa memilih beberapa posisi yang sudah tersedia dan langsung disuguhkan view hamparan perkebunan teh dengan perbukitan yang indah nan hijau, dan semburat cahaya matahari yang perlahan naik. Alhamdulillahnya lagi semesta mendukung daaaan… Masyaallah indahnya Bung.

Berikut foto-foto di lokasi Cukul Sunrise Point dan disekitarnya.

IMG_20190309_080623 edit.jpg

Cukul Sunrise Point

IMG_20190309_061537 edit.jpg

IMG_20190309_083048 edit.jpg

Pemetik pucuk teh

IMG_20190309_082843 edit.jpg

Dibawah Cukul Sunrise Point

Setelah puas di Cukul Sunrise Point, rute pulang mampir ke Situ Cileunca. Disini kita tidur dan sarapan, oh iya di situ Cileunca terdapat beberapa warung makan lengkap dengan saung di tepi Situ dan pas turun arah bandung ada beberapa toko oleh-oleh serta semacam koperasi unit usaha buat beli buah tangan. Untuk rute balik ke Jakarta kurang lebih sama dengan jalur berangkat tentunya kebalikannya, dengan sedikit diselingi hujan dibeberapa daerah.

IMG_20190309_093149 edit.jpg

Situ Cileunca, Pangalengan

Catatan tambahan Bung, buat yang berangkat kesana sekiranya tetap jaga kebersihan, jaga sikap dan tidak arogan sepanjang jalan.