Sedikit Pengetahuan Tentang GL 100/125

Honda GL 100 dan GL 125 di Indonesia menjadi salah satu motor dengan lifecycle lumayan panjang. Jika dihitung dari awal rilis versi lampu bulat berpengapian platina dengan penamaan GL 100 – GL 125 ada di tahun 1979 sampai versi CDI berlampu kotak produksi tahun 1996 dan ada testimony terjual sampai dengan tahun 1997 (ini sisaan sih :D) total selama 18 tahun masa beredarnya.

Mbahnya Honda Tiger ini bisa dikategorikan MPV (multi purpose vehicle) juga kali ya, dipake perkotaan sampe dijalur pedesaan mampu dijabanin. Bahkan untuk yang GL 125 sangat tangguh untuk diajak nanjak, sayang yang berkubikasi 125 populasinya lebih sedikit. Soal irit jangan ditanya ini motor musuhan sama pom bensin 😅, karena saya pemakai harian motor ini di Jakarta jadi paham. Bahkan pernah punya rekor dalam seminggu, dari rumah di daerah Pondok Betung pergi-pulang kantor di Kemang isi full to full cuman 20 ribu premium 😴 tapi umumnya sih kisaran 30 ribu seminggu.

Oke, lanjut mencoba lebih detil membahasnya. Untuk rilis awal di tahun 1979-1981 GL 100/125 berciri kurang lebih seperti ini:

  • Berlampu depan bulat,
  • Lampu belakang mirip CB,
  • Pengapian platina,
  • Speedometer Nippon Seiki bulat,
  • Logo GL100/125 pada kedua tutup aki ber-icon burung elang mirip dengan logo Honda GL 1000.
  • Spion bulat berbahan besi ada tulisan MS Japan
  • Tangki ada lidah penutup tambahan tidak seperti CB K5,
  • Cakram kiri menggunakan kawat seling,
  • Suspensi depan dan belakang menggunakan merk Showa,
  • Jok pattern kotak-kotak,
  • Karbu Keihin berventuri 22 tanpa ada pompa tambahan,
  • Ban depan ring 250×18, belakang juga 300×18 merk IRC Inoue
  • Varian warna resmi: Hitam, Putih, Merah, Coklat, Biru, Hijau, Silver dengan variasi striping.

2031409_20120728063718

IMG_4720

Lanjut rilis berikutnya di tahun 1982-1987 untuk GL 100 dan GL 125 antara tahun 1982-1983 berciri kurang lebih seperti ini:

  • Berlampu depan kotak,
  • Lampu belakang kotak, sama seperti punya honda win dan honda super cub,
  • Sein kotak, sama seperti punya honda win dan honda super cub,
  • Pengapian platina,
  • Speedometer KGD kotak,
  • Logo GL100/125 pada kedua tutup aki lebih sederhana hanya berbentuk tulisan GL 100/125,
  • Spion kotak segi empat berbahan plastik,
  • Tangki ada lidah penutup tambahan tidak seperti CB K5,
  • Cakram kiri menggunakan kawat seling,
  • Suspensi depan dan belakang menggunakan merk Showa,
  • Jok pattern kotak berpadugaris lurus vertikal kl diliat dari samping motor,
  • Karbu Keihin berventuri 22 dengan pompa tambahan,
  • Ban depan ring 250×18, belakang juga 300×17 merk IRC Inoue
  • Varian warna resmi: Hitam, Merah dengan variasi striping juga.

1701760_20140515120215.jpg

Dan yang terakhir di tahun 1987-1996 sudah tidak ada rilis GL 125 hanya ada GL 100 berciri kurang lebih seperti ini:

  • Berlampu depan kotak,
  • Lampu belakang kotak, sama seperti punya honda win dan honda super cub,
  • Sein kotak, sama seperti punya honda win dan honda super cub,
  • Logo GL100 pada kedua tutup aki lebih sederhana hanya berbentuk tulisan GL 100.
  • Pengapian CDI,
  • Speedometer KGD kotak,
  • Spion segi lima berbahan plastik sama dengan punya honda astrea Prima dan Honda Tiger 2000 (awal)
  • Tangki ada lidah penutup tambahan tidak seperti CB K5,
  • Cakram kiri menggunakan kawat seling,
  • Suspensi depan dan belakang menggunakan merk Showa,
  • Jok pattern kotak berpadu garis lurus vertikal kl diliat dari samping motor,
  • Karbu Keihin berventuri 22 dengan pompa tambahan,
  • Ban depan ring 250×18, belakang juga 300×17 merk IRC Inoue
  • Varian warna resmi: Hitam, Merah dengan perbedaan warna striping juga.

14333031_10207748493372525_7150006304424221612_n.jpg

gl abang.jpg

Untuk feeling berkendaranya, motor honda berkode GL bisa disamaratakan itu: nyaman, gak cepet capek, posisi berkendara rileks, bukan motor yang mengutamakan performa, kuat nanjak, irit bahan bakar.

Demikian sedikit pengetahuan newbie yang bisa di-share, nanti kalau ada info tambahan atau ada revisi artikel ini akan update trusss sampe konkrit bin lengkap.

Terima kasih…

beda-honda-gl-max-gl-100-dan-gl-pro-6.jpg

Image © pribadi dan googling.

Advertisements

1 thought on “Sedikit Pengetahuan Tentang GL 100/125

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s