Built or stock

Gila, lama banget gak nulis blog… setaun lebih. Oke pembahasan kali ini gw coba sharing soal dream partner, mo custom alias bikin ato stock utuh kluaran pabrikan. Kalo ditanya balik ke gw, gw sih gak terlalu fanatik soal 2 opsi itu cuman gw ada beberapa pertimbangan soal hal ini. Motor custom alias bikin alias ngebangun ini tentu lebih ke soal  emosi, kepuasan batin, selera.

Astrea 800

Mo cerita dikit soal motor yang pernah gw tangani pas mbangun, gw ada motor astrea 800 lansiran 90an mo gw bikin choppy cub dan soal gw tipikal perfeksionis menjurus gak percaya ama builder. gw dapet nih motor kondisi “bangke” sumpah bangke abis deh pokoknya cuman sisa mesin ama rangka dan surat sebagai bonusan. Gw bantai ni motor semalem udah aja prothol abis. Panggil tukang las, ngecat sendiri, repair mesin ama temen, cuman sampe sekarang gak kelar2 krn lupa gak setting rangka, udah aja ekornya gak lempeng ama ban, gagal deh motor custom gw hahaha…

Yamaha DT

Pernah juga restorasi motor jadul walaupun gak mbangun dalam artian custom, cuman perjuangannya itu bro… motor yang gw bangun Yamaha DT 100 X kluaran 1979… dapet lumayan bangke lagi hehe. Karena emang niat tuh bangun motor gw bela2in mudik ke Jawa Timur buat nyari part, dari Jember, Lumajang, Malang, Probolinggo dan alhasil cuman dapet injekan rem belakang ama kick starter 😀 . Mantengin lapak online ama komunitas2 akhirnya sedikit2 bisa kekumpul partnya, walaupun gk 100% part ori cuman gw puas. Cat baru, mesin mantab, aksesoris bodi 90% kyk bawaan dari diler pas taun 70an haha. Emang asilnya puas banget dan berubung gw tinggal di ibukota jadi ni motor juaarrrang banget ngider di jalanan Jakarta, knalpot aja saingan ama bajaj + asap ngasih efek fogging buat yg diblakang gw jadi deh antara tertuduh ama disangka yg nggak2 ama orang di jalanan ibukota. Dipikir lagi shooting film Rhoma irama bawa motor trail dijalanan tarmac :D.

Oke, itu dari sisi custom ato bikin, ato bangun sekarang beralih ke kluaran pabrikan. Gw beberapa kali ambil motor baru, pertama merk dalam negeri Kanzen Taurus, kedua Suzuki Skywave, ketiga Suzuki Inazuma. Soal kenyamanan pasti lebih dapet kalo beli motor dari baru, mesin sangat minim trouble, cuman ya itu gak ada “seni”nya. Ibaratnya gini gw punya duit, beli, pake, rusak bobrok buang. Beda kl asil kita ngebangun mo rusak kita telatenin aja tuh motor, asal bisa dilas ya dilas, dempul ya dempul, tambel ya ditambel asal bisa jalan udah indah aja naik itu motor. Padahal blom tentu yang ngeliat kita juga sependapat, dikira gak waras bisa kitanya haha.

Balik ke soal ambil motor kluaran pabrik… pas ambil motor pertama itu kansen taurus, nih motor aneh… gak rusak-rusak, ganti oli telat2, nyebur banjir juga sering, cuman ya anteng2 aja. Sayang pabrikan gulung tiker kehajar ama mopang2 idaman orang Endonesa. Motor kedua kurang lebih sama soal performa, Suzuki Skywave. Udah 4 taun lebih ni motor cuman minta ganti: slow moving (kampas kopling), fast moving (kampas rem, cvt belt, filter udara, oli mesin, busi, lampu depan ama kabel gas). Udah laen2 seinget gw gak ada penggantian laen apalagi sampe belah mesin. Nah yg paling baru gw ambil Inazuma.

2012-Suzuki-Inazuma250b

Nih motor sangat value for my pocket hehe, mo diliat dari sudut pandang mana juga sangat menguntungkan, apalagi gw bukan tipikal pengebut dijalanan umum… yah kalo sekedar ngebetot2 gas bentar2 lumayan lah masih bisa nyampingin 250cc laen. Dan emang rencana mo dipake turing ama motor wiken. Kalo harian kurang cocok secara Jakarta u know laaa :p, ni motor gambotnya naudzubillah yang pasti kl abis naik ni motor berasa abis push up secara gak sadar hehe…

Udah segitu dulu wejangan ngawur gw, semoga bermanfaat. Salam.

*Gambar ada yg punya gw, ada yg nemu di google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s